Selamat Anda Mendapatkan Konsultasi Gratis! Konfirmasi via WA sekarang!
Icon

Seberapa penting work life balance untuk bisnis owner?

  26 Mar 2024

Katanya work-life balance itu mitos? tapi tunggu dulu definisi balance itu gimana sih..


Banyak yang menganggap bahwa work life balance itu artinya kita membagi secara rata setengah waktu kita untuk bekerja dan setengah lagi untuk beristirahat juga refreshing. Padahal tidak harus seperti itu loh..


Balance yang dimaksud adalah kita dapat menempatkan diri, memanage waktu kita sesuai dengan kebutuhan yang ada. Bisa jadi ada kalanya kita harus menempatkan 70% porsi waktu dan tenaga kita untuk membuat bisnis maju lebih pesat dimana ini berarti kita harus mengurangi dan memaksimalkan sisa 30% dari waktu kita untuk beristirahat dan menikmati kehidupan pribadi Anda.


Namun tidak jarang ada kalanya kamu harus memberikan prioritas yang lebih besar untuk menikmati kehidupan pribadi, dengan healing, traveling atau sekedar quality time bersama dengan keluarga. Mungkin saja saat ini ketika perusahaan Anda sudah berada pada tahapan dewasa, maka Anda bisa menyisakan banyak waktu diluar pekerjaan untuk hal-hal pribadi Anda.


Namun jika Anda saat ini bisnis Anda sedang berada pada posisi startup maka bukan hal aneh jika 60 bahkan 70 persen waktu Anda kerahkan untuk bekerja. Jadi balance ini akan sangat bergantung dengan faktor lainnya seperti keadaan yang Anda hadapi sekarang juga dimana step bisnis Anda sekarang berada. 


Mengetahui mana yang jadi prioritas merupakan hal pokok dalam konsep work-life balance ini. oleh karena itu jika saat ini Anda merasa bahwa pekerjaan dan kehidupan pribadi tidak balance, coba lihat kembali apa prioritas yang saat ini Anda kejar dan seperti apa aktifitas yang Anda jalankan seharian.


Yang perlu diingat adalah bahwa bukan hanya bisnis Anda saja yang perlu diperhatikan dan dijaga secara maksimal tetapi juga kesehatan diri menjadi poin penting lainnya. Bayangkan saja jika Anda terlalu fokus pada pekerjaan dan tidak memperdulikan kesehatan baik fisik ataupun mental maka suatu hari Anda akan merugi. Tanpa disadari kebiasaan bekerja yang melewati batas bisa menyebabkan kesehatan tubuh dan mental anda perlahan terganggu.


Jika Anda tiba-tiba jatuh sakit dan membutuhkan waktu yang lama dalam penyembuhannya, maka kerja keras yang sudah Anda bangun bisa menjadi sia-sia karena hal ini dapat membuat perencanaan pekerjaan Anda terganggu dalam waktu yang lama.