Selamat Anda Mendapatkan Konsultasi Gratis! Konfirmasi via WA sekarang!
Icon

Lean Startup : Cara Cepat Validari Ide Bisnis

  26 Mar 2024

Mengembangkan bisnis memang bukan hal yang mudah, kita akan banyak menemui tantangan saat dalam pengembangan bisnis. Manajemen yang terus berjalan, jumlah orang yang terus bertambah, pasar yang terus bergerak juga kompetitor yang bermunculan menjadi beberapa faktor yang akan menghambat pengembangan bisnis kita.


namun ternyata ada cara cepat yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan binis dan produk Anda tanpa harus memakan waktu dan biaya yang banyak.


Metode ini dipakai oleh banyak startup seperti Slack, Dropbox bahkan Gojek dan Tokopedia yang menjadi salah satu perusahaan dengan perkembangan yang pesat di Indonesia.


Lean Startup, merupakan nama dari metode yang bisa Anda pilih sebagai jalan potong dalam mengembangkan bisnis atau produk Anda. Metode kita dapat membantu para perintis udaha untuk menghindari pemborosan sumber daya melalui (MVP) Minimum Viable Product atau produk minimal yang dapat diluncurkan ke pasar untuk mendapatkan feedback dari konsumen secara cepat.


Memang beberapa dari pengalaman yang ada metode ini banyak digunakan oleh perusahaan dengan produk berupa software. tapi bukan berarti metode ini tidak bisa digunakan untuk jenis produk lainnya, karena secara sederhana MVP ini menuntut kita untuk berani meluncurkan produk seminimal mungkin dan mendapatkan feedback secara segera dari konsumen.


berikut ini 7 tahapan yang dapat Anda lakukan untuk menerapkan metode Lean Startup :

1. Tentukan target pasar yang ingin Anda sasar untuk menjadi pasar bagi produk yang akan Anda buat.

2. cari tahu masalah apasaja yang dialami oleh target pasar, untuk kemudian Anda pecahkan melalui sebuah solusi yang diterjemahkan ke dalam produk yang akan Anda buat.

3. Buatlah Produk Minimal (MVP) yang dapat Anda luncurkan dalam waktu dekat ke pasar.

4. Uji (MVP) yang sudah Anda buat kepada konsumen secara segera dan dapatkan feedback dari mereka

5. Analisis feedback yang Anda dapatkan 

6. Buatlah improvement secara simpel dari analisis feedback tersebut

7. Ulangi siklus Build-Measure-Learn sampai Anda menemukan produk atau model bisnis yang pas untuk pasar yang Anda targetkan


Membangun bisnis dan produk bisa Anda lakukan dengan effort yang minimal dengan metode ini. Buktikan yu?

Jika Anda menemui kesulitan dalam pengembangan bisnis Anda, Evervista membuka kesempatan untuk berkonsultasi secara gratis bersama evervista expert. kontak kami via whatsapp atau klik tombol konsultasi gratis.


Jangan buang waktu Anda wujudkan bisnis yang berkembang pesat bersama kami.