
Dua media sosial yang berada di bawah Meta, Facebook dan Instagram, sudah tidak diragukan lagi sebagai dua platform yang sangat kuat bagi para pebisnis untuk mempromosikan bisnis mereka.
Para advertiser atau pengiklan, hingga konsultan digital marketing, sering memberikan solusi dan tips beriklan di Meta Ads agar bisnis dapat berkembang dengan lebih signifikan.
Menurut riset yang dilakukan oleh tim HubSpot, Facebook menjadi media sosial yang paling populer digunakan untuk beriklan di seluruh dunia. Selain itu, Facebook juga terbukti menjadi platform yang menghasilkan ROI (Return of Investment) terbesar.
Melalui artikel ini, Our Donuts ingin memberikan 3 tips beriklan di Meta Ads agar hasilnya tidak boncos. Bukan tips biasa, tips ini langsung diberikan oleh Direktur Iklan Meta, Tarcisio Ribeiro. Tips ini diberikan saat Ribeiro diwawancara langsung oleh tim HubSpot.
Apa saja tipsnya? Yuk langsung simak tips dan penjelasannya di bawah ini!
Bagi para pebisnis yang berniat untuk beriklan melalui meta ads, baik itu di Facebook atau Instagram pasti akan kewalahan melihat dashboard iklan yang memperlihatkan berbagai hal. Mulai dari mengenal apa itu campaign sampai bagaimana cara membuat iklannya. Tidak mengherankan banyak pebisnis yang menggunakan digital agency yang menyediakan jasa iklan.
Karena itu, tips pertama dari Ribeiro adalah tetap sederhana saat beriklan menggunakan Meta. Sang direktur menyarankan untuk mulai mempelajari dan memulai hal yang tidak rumit. Jangan juga terlalu bersemangat mengulik dashboard karena dapat membuang uang. Singkat katanya, jangan mencoba melakukan berbagai hal dengan terburu-buru.
Tips beriklan di Meta Ads berikutnya adalah mengenali audiens.
Meski terdengar klise dan sering Anda dengar, mengenali audiens adalah hal yang penting. Menurut Ribeiro, sebagai pebisnis kita harus mengenali audiens yang akan kita sasar termasuk detail selengkap-lengkapnya.
Selain itu, kita harus rela untuk menghabiskan waktu ke waktu untuk memastikan bahwa audiens yang kita sasar sudah benar. Hal ini dilakukan agar target audiens menjadi terspesialisasi lagi.
Seperti kita ketahui, dashboard Meta Ads dapat membantu Anda untuk menargetkan audiens dengan lebih spesifik. Ini menjadi salah satu fitur spesial dari Meta Ads.
Kendati demikian, Anda harus terus mempelajari, mengenali audiens dan juga membuat persona konsumen produk Anda sendiri dengan lebih dalam.
Hal ini sebenarnya adalah pengetahuan yang mendasar bagi para pengiklan. Bahkan, para advertiser-advertiser profesional dari Our Donuts, digital agency Bandung juga terus melakukan tips satu ini untuk client-client kami yang mengambil jasa iklan.
Tips terakhir dari Tarcisio Ribeiro adalah kreativitas tanpa batas. Yup, beriklan bukan soal menentukan audiens, menentukan budget dan menayangkannya begitu saja. Konten iklan juga merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan.
Bahkan, Ribeiro menyebut bahwa hal utama yang diperhatikan dan ditanggapi pengguna atau target audiens iklan Anda adalah kreativitas kita sebagai pemilik produk. Jadi, penting bagi kita untuk memperhatikan bagaimana cara kita mendesain iklan mulai dari memilih format, menentukan hook sampai penempatan call to action alias CTA.
Iklan sendiri harus menarik perhatian pengguna. Jika memang tidak yakin dengan jenis materi iklan terbaik, maka Anda bisa melakukan A/B testing terhadap berbagai gaya untuk melihat dan mengidentifikasi jenis materi iklan mana yang lebih memiliki performa baik.
Namun sebagai kisi-kisi, Ribeiro menyebut bahwa format video selalu menjadi materi iklan yang jauh lebih berhasil dibandingkan dengan format iklan yang lain.
Nah itulah 3 tips berikan di meta ads langsung dari direktur iklan Meta, Tarcisio Ribeiro.
Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang mempelajari dan terus mengulik mengenai Meta Ads.
*Artikel ini adalah hasil kerja sama antara Our Donuts Digital Agency dengan Evervista Partners
Evervista Partners adalah perusahaan yang bergerak di bidang konsultan manajemen bisnis yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan perusahaan dengan skala kecil dan menengah di Indonesia.