
Makanan merupakan kebutuhan primer yang tidak dapat ditunda, tentu saja hal ini karena setiap aktifitas kita akan sangat bergantung dengan energi yang didapatkan dari asupan makanan dan minuman. Indonesia memiliki lebih dari 270 juta penduduk, hal ini menunjukkan besarnya pasar bisnis FnB saat ini.
Laporan BPS menunjukan bahwa sepanjang kuartal pertama di tahun 2023, industri ini menjadi industri yang berhasil menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar di Indonesia yang mencapai 6,47% yang dalam rupiah mencapai sekitar Rp 328 miliar, tentu ini bukan jumlah yang sedikit dan menunjukkan bahwa Food and Beverage memainkan peran krusial di dunia bisnis.
Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (GAPMI) memprediksikan bahwa di tahun 2023 kemaren nilai investasi di industri ini bertumbuh sebesar 20%, dan 10% pada tahun 2024 yang bertepatan dengan tahun politik, dilasir dari ekonomi.bisnis.com
Selain karena menjadi kebutuhan primer, Bisnis FnB juga punya hubungan erat dengan sektor bisnis lainnya seperti pariwisata, industri kreatif, pertanian dan perikanan. kesadaran konsumen untuk menggunakan produk dengan kualitas tinggi mendorong para pebusnis di industri ini terus berinovasi baik dalam segi produk, marketing hingga bahan baku.
Namun, industri FnB ini juga menjadi salah satu bisnis dengan tingkat kompetitif yang tinggi karena bukan hal sulit untuk menduplikasi produk makanan sehingga setiap kali muncul produk baru yang digemari maka tidak perlu menunggu waktu lama akan segera muncul produk pesaing dengan tampilan yang bisa saja serupa atau bahkan dengan pengembangan yang lebih menarik.
Hal itu menyebabkan FnB menjadi sektor bisnis red ocean yang digemari oleh banyak pebisnis, sehingga dibutuhkan beberapa hal berikut ini untuk dapat survive dalam bisnis kuliner :
Butuh insight untuk memulai dan mengembangkan bisnis FnB? Evervsita solusinya, klik tombol konsultasi gratis, atau konsultasi langsung via WA sekarang!
Evervista Partners adalah perusahaan yang bergerak di bidang konsultan manajemen bisnis yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan perusahaan dengan skala kecil dan menengah di Indonesia.